Sudah 3 hari ini, suara si item cukup menyedihkan, terdengar suara mendering di dibagian CVT mio ini, secara tenaga sih tidak problem namun secara kenyamanan tentu akan merasa cukup terganggu. Kondisi ini pernah saya alami waktu sekitar 4 tahun yang lalu, saat itu memang pemakaian mio ini cukup menyita performa, dipakai jalan luar kota dan keseharian cukup jauh juga, rata-rata bisa mencapai 2000-3000km per bulannya.
Pencarian bengkelpun dimulai, bengkel daerah Galur menjadi rekomendasi dari salah seorang teman, saya pun meluncur kesana, disini saya diberitahu bahwa bak CVT harus dibongkar, dan jika sudah dibongkar sebaiknya diganti semua yang harus diganti, karena jika tidak bisa jadi suaranya menjadi lebih buruk. Perkiraan biaya disebutkan sekitar 800k. Waooow, saya cukup terperangah, saya sempat menanyakan apa bisa menggunakan stock bengkel yang merupakan barang bekas motor lainnya yang kondisinya masih bagus, jawabannya adalah tidak ada. Hikzz … beberapa tahun lalu saya sempat menggunakan beberapa part yang merupakan stock dari bengkelnya, ternyata barang yang masih bagus disimpan dan ditawarkan bagi anak kuliahan seperti saya. :p

Dengan tampang sedih saya, pemilik bengkel resmi produk motor saya ini menawarkan barang “kelas dua”, wah saya juga baru tau ternyata bengkel resmi juga ada barang kelas duanya. Namun dengan berbagai pertimbangan, saya lebih memilih part asli untuk bagian mesin(CVT) si item ini.
Saat sudah dibongkar, banyak part yang harusnya sudah diganti jika tidak ingin bunyi berisik, seperti;
– Kampas sentrifugal/ kampas ganda
– Satu pasang sliding/ payung
– Set spring
– Roller
– V-belt
– Tutup spring
– Pelor dinamo starter (ini pakai yang KW, harganya sangat jomplang sekali (1 : 8)
– Part kecil lainnya

Setelah dihitung-hitung ternya biaya bengkak hingga dua kali lipat, estimasi biaya semuanya mencapai 1500k, baiaya servis yang cukup besar untuk sebuah motor, mengingat motor ini umurnya yang cukup tua, dan saat servis besar terakhir pun saya tidak mengganti semua part dengan part baru, saya rasa ini biaya yang “wajar”, biaya ini 3:2 dengan biaya 4 tahun lalu, dengan pertimbangan kenaikan harga dollar(14500 saat ini) dan masa yang sudah berlalu 4 tahun dan juga saat itu tak semua yang saya ganti baru. Saya mantapkan untuk mengganti part tersebut, demi keselamatan dan kenyamanan berkendara tentunya.
Hampir 3 jam waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaannya, dapat si abang yang juga cukup telaten menurut saya. Terimakasih yoo bang brooo …

Setelah penggantian beberapa part CVT ^^
Setelah penggantian beberapa part CVT ^^

Sekarang bagian CVT sudah halus bunyinya, namun sehari setelahnya ada bunyi bagian bawah mesin, bukan mesinnya, saat ini saya belum sempat cek kembali.Semoga tidak apa-apa.
Hmmm ..
Jangan sedih lagi yooo ….. . Jgn rewel lagi .. . Udah pas manteb, sehat2 yooo boy …. 😀

View on Path

